Selasa, 01 Oktober 2013

Tips Memformat Komputer Mac


Komputer Mac. (foto: Reuters)

CALIFORNIA - Jika Anda pengguna komputer besutan Apple, Mac Pro, tentunya memiliki perbedaan dalam sistem dengan kebanyakan orang yang menggunakan PC. Dan bagaimanakah untuk mereset komputer Mac seperti kondisi pabrik saat Anda ingin menjual atau menyumbangkannya?

Tentu saja Anda ingin menyelamatkan data yang tersimpan di dalam komputer bukan? Beritkut tips untuk me-reset komputer Mac Anda kembali ke kondisi pabrik sebelum menjualnya kepada orang lain, seperti dilansir dari CNet, Jumat (11/10/2013).

1. Backup
Langkah pertama adalah mem-backup seluruh data di komputer Anda. Hal ini bisa dilakukan menggunakan Time Machien, atau program untuk mengkloning sistem komputer Anda.

2. Nonaktifkan akun online
Langkah selanjutnya adalah memastikan komputer Anda sudah tak terhubung dengan akun-akun yang Anda miliki di dunia maya. Yang terpenting adalah sistem yang terintegrasi dengan situs Apple seperti iTunes dan lain-lain.

3. Copot perangkat tambahan
Jika dalam menggunakan komputer Mac Anda meng-upgrade hardware tambahan untuk meningkatkan performa seperti RAM dan hard disk, copot semuanya. Berikan pada penjual komputer Mac yang benar-benar seperti keluaran pabrik. Kecuali jika Anda menjualnya termasuk dengan perangkat tambahan tersebut.

4. Format dan install ulang
Langkah terakhir adalah memformat dan menginstall ulang sistem operasi komputer Anda. Jika Anda menginstall sistem operasi OS X terbaru yang dibeli di App Store, secara teknis lisensi OS X tersebut menjadi milik Anda. Namun tak jadi masalah karena pengguna selanjutnya bisa memilih ingin menggunakan versi OS X yang mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar