Minggu, 29 Juli 2012

Keistimewaan Bulan Ramadhan


     Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah dan kesimewaan. Di bulan Ramadhan Allah bisa melipatgandakan ibadah kita. Berikut keistmewaan-keisimewaan bulan Ramadhan

  • Bulan Alquran
         F
    irman ALLAH SWT:”(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)…” (Alquran, al-Bagarah,2:185)
  • Diutusnya Nabi Muhammad sebagai Rasul ALLAH
         Muhammad diutus oleh Allah menjadi Rasul-Nya melalui atau dengan jalan diturunkannya wahyu Alquran yang pertama pada bulan Ramadhan.
  • Terjadinya lailatul Qadr
         Firman Allh SWT:”Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai fajar.” (Alquran, al-Qadr,97 : 1-5)
  • Dilipatgandakan Pahala Wajib dan Suna
         Rasulullah SAW bersabda: “…Barangsiapa yang mendekatkan diri kepada ALLAH dengan suatu pekerjaan kebajikan di dalamnya, samalah dia dengan orang menunaikan suatu fardhu di bulan yang lain. Dan barangsiapa yang menunaikan suatu fardhu di dalamnya, samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh fardhu di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surge.” (HR. Ibnu Khuraimah)
  • Bulan Syafaat, Berkah, dan Ijabah
          Rasulullah SAW berbsabda:”Wahai manusia, sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkahan, yaitu bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan yang ALLAH telah menjadikan puasanya suatu kewajiban (fardhu) dan qiyam (berdiri shalat malam) di malam harinya sebagai suatu thathawwu. Barangsiapa yang mendekatkan diri kepada ALLAH dengan suatu pekerjaan kebajikan di dalamnya, samalah dia dengan orang menunaikan suatu fardhu di bulan yang lain. Dan barangsiapa yang menunaikan suatu fardhu di dalamnya, samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh fardhu di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga. “(NR. Ibnu Khuraimah)
           Bahkan menurut sejarah, bulan Ramadhan itu bulan yang dipenuhi dengan kemenengan-kemenangan besar yang diperoleh Rasulullah dan para sahabat. Sesuai dengan keistimewaan-keistimewaan yang merupakan ciri dari bulan Ramadhan serta rangkaian ibadah yang mesti dilakukan di dalamnya, bulan Ramadhan selain dikenal sebagai “Syayyidusy Syuhur” (ratu segala bulan) juga sering disebut sebagai Syahrul Quran (bulan diturunkannya Alquran), Syahrul Shiam (bulan puasa), dan Syahrul Najah (bulan keselamatan dari azab neraka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar