Jumat, 27 Juli 2012

Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa


Menjaga kesehatan menjadi sangat penting ketika berpuasa, karena bahan makanan yang masuk berbeda dengan energi yang dikeluarkan selama beraktivitas. Untuk itu, perlu diperhatikan pengaturan makan dan minum pada saat sahur atau berbuka puasa, agar tubuh tetap segar dan bugar sepanjang hari selama berpuasa.
Berkut tips menjaga tubuh tetap segar dan bugar selama berpuasa

Saat Sahur:
  • Akhirkan sahur, konsmsi makanan bergizi dengan komposisi lengkap; karbohidrat, protein, lemak, vtamin
  • Minum cukup sekitar 8-10 gelas (pastinya di saat berbuka sampaisahur). Air minum didapat dari air putih, susu, jus, kuah sayur
  • Perbanyak makanan beserat, seperti sayuran dan buah karena mampu membantu menahan rasa lapar
  • Kurangi gorengan karena gorengan akan membuat sel darah merah mudah menggumpal, sehingga hantaran oksigen dalam darah bisa berkurang hingga 20%. Inilah salah satu penyebab ngantuk di siang hari

Saat Buka:
  • Segera berbuka dengan yang manis, misalnya kurma atau madu. Atau juga bisa dengan gula aren, karena gula aren lebih alami ketimbang gula pasir
  • Minum air putih biasa lebih baik ketmbang minum air dingin atau air es. Karena air putih bisa lebih mudah diserap oleh tubuh.
  • Berhentlah makan sebelum kenyang. Seperti yang dikatakan Rasulullah, porsi perut kita cukup untuk menampung makanan adalah sepertiga angina, sepertiga air, dan sepertiganya berupa makanan.

Olahraga:
            Hal ini penting karena bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh agar tetap lancer. Salah sau penyebab cepat lelah ketka berpuasa adalah melakukan kebiasaan salah, seperti ramai-ramai berolahraga sehabis sahur. Waktu yang paling tepat untuk berlahraga dibulan Ramadhan adalah 1-2 jam sebelum atau sesudah berbuka. Tidak dianjurkan melakukan olahraga yang terlalu berat selama berpuasa.

Tidur Cukup:
            Tidur malam yang baik diperlukan untuk memastikan keseimbangan tubuh di hari berikutnya, terutama bagi mereka yang pergi bekerja atau beajar. Kurang tidur dapat menyebabkan gelisah, sakit kepala, dan masalah pencernaan.

Hindari tidur setelah sahur
            Tidur setelah sahur akan menyebabkan perut kempbung karena produksi asam lambung yang meningkat. Saat setelah sahur, tubuh mulai mencerna makanan. Aktivitas ni akan berat dilakukan tubuh jika kondsi tubuh tidur. Mengapa? Karena saat tidur, jantung memompa darah ke otak dan ke seluruh tubuh. Sedangkan sesaat setelah sahur, tubuh juga harus memompadarah lebih sepat untuk mencerna makanan dan mengedarkannya ke selruh tubuh. Jadi jika ingin tidur lagi, tunggu 2-3 jam setelah sahur.
Sumber: Mulia   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar