Jumat, 27 Juli 2012

Yang Boleh Dilakukan Orang Berpuasa


Halo sobat di dalam Bulan Ramadhan ini kita pasti bingung mana hal yang boleh dilakukan leh orang puasa dan yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa.
Kali ini saya akan ngeshare untuk hal yang boleh dilakukan oleh orang berpuasa.

  • Bangun Subuh Dalam Keadaan Junub
Diantara hal yang pernah dilakukan Rasulullah SAW adalah bangun pagi ketika fajar sudah terbit, sedang beliau dalam keadaan junub setelah bercampur dengan istrinya. Lalu beliau mandi setelah terbit fajar dan kemudian berpuasa. Dari Aisyah dan Ummu Salamah ra, “Bahwa Nabi SAW pernah mendapati fajar telah terbit sedang ketika itu beliau dalam keadaan junub karena bercampur dengan isterinya, kemudian beliau mandi dan berpuasa.”
Demikian juga tdak batal orang berpuasa saat bermimpi melakukan hubungan suami istri pada saat tidur. Rasulullah SAW bersabda, ”Pena diangkat dari tiga orang dantaranya; orang gila hingga sadar, orang tidur hingga bangun, dan anak kecil hingga bermimpi (baligh). “(Ahmad dan Abu Daud)

  • Diperbolehkan Bersiwak
Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya aku tidak takut akan memberatkan umatku, niscaya aku akan menyuruh mereka bersiwak setiap kali berwudhu.”

  • Berkumur dan Memasukkan Air ke Hidung
Rasulullah SAW biasa berkumur dan memasukkan air ke hidung saat beliau menjalankan ibadah puasa. Hanya saja beliau melarang orang sedang berpuasa berlebih-lebihan melakukan keduanya.
Rasulullah SAW bersabda, “……dan lakukan istinsyaq (memasukkan air ke hidung) secara mendalam, kecuali jika kamu dalam keadaan puasa.”

  • Bercumbu dan Bercium
Telah dtegaskan dari Aisyah ra, “Rasulullah SAW pernah mencium dan bercumbu, yang saat itu beliau tengah berpuasa. Hanya saja beliau orang yang paling kuat menahan nafsunya diantara kalian.”
Hal tersebut dimakruhkan bagi orang yang masih muda dan tidak bagi yang tua. Diriwayatkan dariAbdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash, dia bercerita, “Kami pernah bersama Nabi SAW, tiba-tiba ada serang pemuda mendatangi beliau seraya berucap, ‘Wahai Rasulullah, bolehkah aku mencium (isteriku), sedang aku dalam keadaan berpuasa?’ Beliau menjawab: ‘Tidak’. Kemudian Rasulullah ada orang tua seraya bertanya: ‘Apakah boleh aku mencium sedang aku dalam keadaan berpuasa?’. Beliau menjawab: ‘Boleh’. Lalu sebagian kami saling berpandangan kemudian Rasulullah bersabda, ‘Sesungguhnya orang yang sudah tua itu bsa menahan nafsunya.

  • Tranfusi Darah dan Suntikan
Semuanya itu tidak termasuk hal yang membatalkan puasa.

  • Berbekam (Hijamah)
Berbekam itu termasuk salah satu hal yang membatalkan puasa, tetapi kemudian dihapuskan. Hal ini dilakukan Nabi SAW, padahal saat itu beliau dalam keadaan puasa. Hal itu didasarkan apa yang disebutkan Ibnu ‘Abbas ra, “Nabi SAW pernah berbekam sedang beliau dalam keadaan berpuasa.”

  • Mencicipi Makanan
Boleh mencicipi makanan dengan catatan tidak masuk ke tenggorkan. Ini ddasarkan pada riwayat Ibnu ‘Abbas ra.
Sumber: Mulia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar