Minggu, 29 Juli 2012

Yang Disunahkan dalam Puasa


    Hai sobat blogger kali ini ane akan share hal-hal yang disunahkan dalam bulan puasa lanjutan dari artikel ane yang kemarin. di baca ya sobat :D
    • Melaksanakan Makan Sahur
      “Bersahurlah kamu, karena bersahur itu ada berkahnya” (HR Bukhari-Muslim).

           Pada hadis lain dinyatakan, “Bersahur itu berkah, maka janganlah kamu tinggalkan, walau seorang diantara kamu itu akan mereguk air. Karena ALLAH dan malaikat-Nya akan mengucapkan selawat pada orang yang bersahur”. (HR Ahmad)

           Selanjutnya mengakhirkan sahur sampai akhir malam, karena Rasulullah bersabda, “Umatku senantiasa dalam kebaikan, selagi mereka menyegarkan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur”. (Diriwayatkan Ahmad)

           Waktu sahur dimulai dari pertengahan malam terakhir dan berakhir beberapa saat sebelum fajar. Zaid bin Tsabit Radhiyallahu Anhu berkata, “Kita berbsahur bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, kenudian beliau berdir untuk shalat. Aku bertanya, ‘Berapa jarak antara azan dengan sahur?’ Rasulullah brsabda,’Sebanyak lims puluh ayat’”. (Muttafaq Alaih) 
    • Mempercepat Berbuka
            Berbuka lebih baik adalah berbuka dengan buah-buahan yang manis seperti kurma, pisang, dan lain-lain. “Rasulullah SAW biasa berbuka dengan beberapa buah kurma sebelum shalat. Jika tidak ada maka dengan kurma-kurma kering, dan jika tidak ada pula, maka direguknya beberap reguk air” (HR. Abu Daud)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar