Sabtu, 27 Oktober 2012

5 Tips Mempercepat Kinerja Komputer

Banyak cara yang dipakai untuk mempercepat kinerja komputer. Bagi sobat blogger yang ingin mempercepat kinerja komputer sobat blogger sendiri yang mampu browsing atau menggunakan program dengan efektif, cepat, dan efisien maka cobalah tips berikut ini 


Tips 1: Upgrade spesifikasi komputer dengan yang lebih bagus
Orang yang awam sekalipun tahu cara yang satu ini. Ganti komputer anda dengan komputer yang memiliki spesifikasi lebih bagus / tinggi. Setidaknya / minimal dengan memperbesar kapasitas memori baik cache memory, RAM ataupun RAM VGA komputer sehingga dapat mengurangi / menghilangkan shared memory. Atau mungkin juga dengan mengganti harddisk anda dengan harddisk yang memiliki RPM lebih tinggi.

Tips 2: Hilangkan virus, spyware, malmware, ataupun badware lainnya
Virus, spyware, atau malmware akan mengganggu kinerja komputer anda. Jika ingin kerja/kinerja komputer lebih cepat, sebaiknya pastikan komputer anda bebas dari semua perusak tersebut. Rutin lah meng-scan komputer dengan antivirus yang telah diperbaharui.

Tips 3: Usahakan Gunakan antivirus yang tidak berat / recovery software
Antivirus sekelas kaspersky,NOD32 memang sangat hebat dalam menghapus virus. Tetapi,mereka juga menggunakan sumber daya komputer yang besar sehingga akan memperlambat kinerja komputer. Alangkah baiknya kita menggunakan software Deepfreeze untuk mencegah komputer terjangkit virus dan menggunakan antivirus ringan sekelas smadav,artav,avast,dsb.

Tips 4: Maksimalkan kemampuan Operating System(OS) Anda
Gunakan dan maksimalkan kemampuan OS agar kerja komputer dapat menjadi lebih cepat. OS seperti Windows menyediakan berbagai opsi pengaturan komputer. Penggunaan NTFS sebagai file system, atur virtual memory / paging file Windows sesuai dengan yang direkomendasikan, gunakan disk deframenter Windows secara teratur, dan masih banyak lagi.

Tips 5: Hapus software yang tidak dibutuhkan
Buang dan hapus semua program dan software yang tidak anda butuhkan dari komputer anda. Semakin banyak program/software/service yang digunakan akan membuat kinerja komputer anda menjadi lambat. Kecepatan komputer menurun karena Operating System sibuk melakukan loading service/software terlebih dahulu. Selain itu pilih program yang tidak menyebabkan terjadi konflik satu sama lain. Hapus juga game berat yang tidak dimainkan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar