Jumat, 02 November 2012

Jelang AFF, PSSI Tak Serius Persiapkan Timnas

Skuad tim nasional Indonesia saat melawan Korea Utara dalam uji coba beberapa waktu lalu/Heru Heryono (Okezone)
Skuad tim nasional Indonesia saat melawan Korea Utara dalam uji coba beberapa waktu lalu/Heru Heryono (Okezone)

Jelang digelarnya Piala AFF 2012 akhir November ini, persiapan Timnas Indonesia terbilang minim. Bukan hanya belum sepenuhnya para pemain yang dibutuhkan skuad asuhan Nilmaizar itu bergabung, tapi juga jadwal uji coba yang urung juga dipastikan.

Entah sudah berapa banyak PSSI menjadwalkan Timnas akan segera menjalani laga uji coba, tapi entah berapa banyak pula yang akhirnya gagal digelar. Terakhir, Sudan yang digembar-gemborkan menjadi lawan uji coba Tim Garuda pada 14 November mendatang juga batal dilangsungkan.

Sesungguhnya pemilihan Sudan sebagai lawan uji tanding pun dipertanyakan, sebab karakteristik Sudan berbeda dengan lawan-lawan yang akan Timnas hadapi di Piala AFF nanti. Dipilihnya Sudan juga terkesan hanya seperti ‘asal ada lawan tanding’ untuk Timnas.

Sebelumnya, PSSI juga sudah mengumumkan bahwa Filipina dan Timor Leste merupakan lawan uji coba terakhir Timnas sebelum tampil di Piala AFF. Nyatanya, The Azkals (julukan Filipina) menolak undangan PSSI, sedangkan laga kontra Timor Leste belum bisa dipastikan.

Dengan waktu yang kian mepet, seharusnya PSSI serius mencarikan lawan tanding untuk Timnas. Jangan pula pertandingan uji coba belum pasti digelar, tapi sudah diumumkan ke mana-mana jadwalnya, yang nantinya semakin membuat skeptis masyarakat terhadap kinerja manajemen Timnas.

PSSI harus segera menemukan lawan tanding untuk Timnas, dan tidak terkesan asal-asalan d`lam menentukan lawan. Pertandingan uji coba sebelum turun di turnamen resmi sejatinya sangat diperlukan untuk mengetahui secara umum kekuatan Timnas. Selain itu, penting juga untuk digunakan sebagai ajang pemilihan pemain inti yang akan dibawa ke Malaysia.

Bandingkan dengan Timnas Malaysia, Thailand, Vietnam dan Singapura yang jauh-jauh hari telah mempersiapkan diri demi tampil Piala AFF. Harimau Malaya (julukan Malaysia) juga sudah menjadwalkan laga uji coba melawan Vietnam pada 3 November mendatang, kontra Thailand pada 7 November nanti serta berhadapan dengan Hong Kong pada 14 November 2012.

Thailand juga akan menjajal Bhutan pada 14 November mendatang, dan menghadapi Bangladesh pada 18 November, sedangkan Filipina dan Singapura bakal saling uji kekuatan pada tanggal 15 November nanti, kemudian Singapura juga akan melawan Pakistan pada November 2012. Tentu sangat menyedihkan bila mengetahui Indonesia belum memastikan satu pun lawan latih tanding terakhir jelang Piala AFF.

Bukan hanya itu, kabar tak sedap seperti belum dibayarnya gaji staf Timnas juga jangan sampai nantinya merusak harmoni Timnas, karena mereka juga bagian penting untuk skuad asuhan Nilmaizar dan haknya wajib dibayar. Hal-hal seperti ini tak boleh dianggap sepele, karena bagaimanapun peran mereka juga penting untuk Timnas.

Dengan adanya kekisruhan di persepakbolaan Indonesia, yang menyebabkan Timnas tak diperkuat tim terbaiknya, maka seharusnya PSSI mempersiapkan Bambang Pamungkas cs dengan lebih fokus untuk menutupi kekurangan yang ada. Jujur saja, tim ini masih kurang ideal dan butuh perbaikan di beberapa lini, persiapan yang maksimal bisa membantu meningkatkan konsentrasi para pemain.

PSSI harus bergerak cepat mencarikan lawan latih tanding untuk Timnas, dan mulai lupakan para pemain yang tidak bersedia membela Merah Putih dengan alasan apa pun. Maksimalkan skuad yang ada saat ini, dan berikan Nilmaizar keleluasaan untuk membentuk tim berisi 22 pemain yang nantinya siap bertarung demi harga diri bangsa Indonesia.
(win)

sumber: http://bola.okezone.com/read/2012/11/02/262/712532/jelang-aff-pssi-tak-serius-persiapkan-timnas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar