Minggu, 04 November 2012

Tablet PC, Si Pengubah Gaya Hidup Digital


Jakarta - Popularitas tablet PC memang cukup tinggi. Penggunaannya pun tak sekadar untuk berinternet ria, melainkan juga sudah dioptimalkan sebagai penunjang gaya hidup.

Perubahan ini tak lepas dari fungsionalitas tablet yang memang memberikan kemudahan, kenyaman baik dari sisi teknologi, fitur dan dukungan aplikasi. Terdapat banyak aplikasi yang tersebar di market, seperti game, komik, buku online, kamus digital, dan lain sebagainya.

Malah sekarang ini sudah banyak aplikasi lokal yang khusus meng-capture konten-konten lokal. Misalnya saja, panduan alamat dan daftar kafe di Indonesia, destinasi wisata nasional, dan lain sebagainya.

Fenomena inilah yang juga disoroti oleh Sosiolog Imam Prasodjo. Menurutnya, sekarang ini sudah terjadi perubahan besar-besaran di kalangan masyarakat tentang cara berinteraksi antara satu sama lain.

Jika dulu pertemuan fisik menjadi sangat penting, sekarang cukup dengan sosial media. Terlebih setelah kemunculan tablet PC. "Boleh dibilang sekarang ini muncul generasi baru yang disebut Gen Droid (sebutan untuk pengguna gadget Android)," ungkap Sosiolog dari Universitas Indonesia ini, yang hadir dalam acara peluncuran tablet PC Vandroid.

Beragam aplikasi yang tersedia di market memang bisa sangat membantu pengguna, tentunya jika user dapat memanfaatkan aplikasi itu dengan optimal. Sebagai contoh, jika dulu ibu-ibu rumah tangga harus memiliki tumpukan buku seri memasak, kini cukup dari tablet saja, membuka buku digital lebih praktis dan mudah.

Pelajar dan mahasiswa bisa saja tak perlu lagi menenteng buku banyak-banyak ke sekolah/kampus, karena materi pelajaran sudah terangkum dalam buku digital pada tablet. Sangat simpel dan memberikan kenyamanan. Ketika waktu rehat, selain bisa membuka materi pelajaran, mereka bisa memainkan berbagai game kesukaan.

Adapun bagi seorang dokter, tablet bisa dijadikan sebagai sarana mengembangkan keilmuan tentang kedokteran dengan men-share berbagai temuannya, atau sebaliknya bisa lebih cepat mengenal istilah-istliah kedokteran dalam konteks kekinian, seperti kamus kedokteran digital, dan lainnya.

Sedangkan bagi seorang desainer, bisa lebih produktif dengan mengoptimalkan fungsi tablet sebagai perangkat yang menyimpan berbagai karyanya. Ia bisa melakukan presentasi dengan simpel, lebih personal dan lebih rileks. Tidak perlu lagi membawa laptop berukuran besar yang kadang merepotkan.

Masih banyak lagi tentunya berbagai fungsi dan optimalisasi tablet untuk semua lapisan masyarakat. Seolah era tablet sudah mewabah ke berbagai profesi dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sistem interaksi sosial kita.

Di sisi lain, menurut pengamat telematika Teguh Prasetya, tren tablet ini tidak lepas dari makin baiknya layanan mobile broadband di Indonesia. Koneksi internet yang makin baik mendorong pertumbuhan tablet secara signifikan.

Apalagi, lanjutnya, operator sudah melihat kebutuhan akan data menjadi revenue yang cukup menggiurkan untuk masa depan. Banyak operator yang sudah membundling paket layanan data dengan para pabrikan tablet.

"Pertumbuhannya positif dan tablet akan menjadi primadona baru di industri," ungkap Teguh.

Hal senada diprediksi oleh IDC bahwa pertumbuhan tablet PC kian positif. Diprediksi, pada tahun 2012 ini ada sekitar 1 juta unit yang siap meramaikan pasar. Sebuah pertarungan yang sangat sengit tentunya.

Peluang Lebar

Nah, kondisi inilah yang membuat berbagai vendor berlomba-lomba untuk meramaikan pasar tablet PC Indonesia. Salah satunya adalah Advan yang menjagokan brand tablet Vandroid.

Chandra Lianto, Direktur Marketing Advan menyatakan, pihaknya optimistis mampu bersaing dengan brand global. Sebab, jika melihat spesifikasi, antara produk merek lokal dan global diklaim tidak jauh berbeda, OS pun sama-sama menggunakan Android.

"Tapi yang membedakan kami adalah dalam hal harga. Harga kami sangat rasional dan sangat terjangkau tanpa mengurangi kualitas dan spesifikasi," umbar Chandra.

Optimisme Chandra semakin meninggi ketika mengenalkan Vandroid T1C yang sudah menjalankan Android Ice Cream Sandwich. Ini merupakan tablet 7 inci (1024 x 600 pixel) telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon Turbo 1 Ghz.

Fitur lain yang dimilikinya adalah, kamera belakang 5 MP, RAM 512 MB, internal memori 4GB, dan disertai dengan colokan USB. Adapun harganya dipatok di angka Rp 1,9 juta.

( ash / eno )

sumber: http://inet.detik.com/read/2012/11/01/165634/2078949/317/tablet-pc-si-pengubah-gaya-hidup-digital?id771108bcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar